Minggu, 02 Januari 2011

Jembatan Perawang Ikon Kota Industri

Tentu Jembatan Perawang ini nantinya akan menjadi kebanggaan masyarakat dan sekaligus akan menjadi ikon di Kota Industri Perawang, juga akan membuka keterisoliran masyarakat yang ada didua sisi Sungai Siak.

‘’Jembatan Perawang memang sangat ditunggu-tunggu masyarakat sejak lama, karena tidak hanya memudahkan masyarakat untuk menyeberangi Sungai Siak, tapi jembatan ini akan membawa berkah yang besar bagi perkembangan pembangunan Kota Perawang yang lebih pesar,’’ ujar Mustafa, salah seorang tokoh pemuda Kecamatan Perawang kepada wartawan, Jumat (31/12) di Siak.
Ia melihat, selama ini masyarakat Perawang terbebani oleh kondisi Sungai Siak yang membelah. Apalagi masyarakat dari seberang Kota Perawang yang akan berurusan ke pemerintahan kecamatan maupun membawa hasil pertanian dan juga berbelanja di Kota Perawang selalu terhambat. Bahkan yang sangat dirasakan sekali oleh anak-anak sekolah yang umumnya dari Kecamatan Lubukdalam, Kotagasib dan Kerincikanan yang sekolah di Perawang.
Dikatakan Mustafa, anak-anak sekolah tidak hanya harus antre di Jembatan, tapi harus mengeluarkan uang ekstra untuk biaya penyeberangan sampan ketika feri mengalami kerusakan. Makanya dengan adanya Jembatan Perawang akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri masyarakat Perawang dan ini membuktikan pembangunan di Kabupaten Siak sudah pesat dan maju.
Sedangkan Hadianto, salah seorang warga Perawang mengharapkan, agar jembatan segera difungsikan. Sehingga masyarakat tidak lagi menggunakan feri Perawang yang cukup melelahkan tersebut, karena dengan adanya jembatan masyarakat tidak susah lagi untuk melakukan aktivitasnya.
‘’Kita minta di Perawang itu minimal ada dua jembatan yang bisa menghubungkan dua sisi daratan kecamatan. Sehingga dengan demikian akan mempermudah masyarakat untuk berurusan, baik pemerintahan maupun untuk memasarkan hasil pertanian,’’ harapnya.
Sementara itu, Kadis Pekerjaan Umum Kabupaten Siak Ir H Aulia Aziz BE MM yang dikonfirmasi terkait kepastian peresmian Jembatan Perawang, kemarin mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan kepastian kapan jembatan itu diresmikan. Namun sesuai rencana Jembatan Perawang akan diresmikan awal Janurai 2011, tapi karena ada material karet penyambung di tengah jembatan belum terpasang mungkin jadwalnya agak molor.
‘’Memang kita rencanakan awal Januari, tapi jika melihat materail barangnya yang belum terpasang, maka kita pesimis dapat diresmikan awal tahun,’’ ujarnya.
Tapi ia mengatakan, Jembatan Perawang sudah selesai dibangun dan bahkan sudah bisa dilewati dengan kendaraan bermotor. Karena ini kerjanya Provinsi Riau, tentu pihaknya tidak bisa mendahului provinsi dan akan tetap menunggu waktu peresmian jembatan tersebut.(rnl)

Sumber: Riau pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar