Minggu, 06 Februari 2011

Longsor di Siak Makan Bahu Jalan

Kondisi Jalan Lintas Dayun-Perawang tepatnya di Kilometer 54, Kecamatan Dayun, hampir putus. Itu disebabkan oleh bahu jalan yang longsor dan sudah memakan badan jalan.
Bahkan longsornya badan jalan itu sudah berada di bagian tengah as jalan, Kamis (3/2). Namun kondisi jalan yang hampir terputus itu belum ada upaya perbaikan dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Siak maupun pihak BOB PT BSP-Pertamina Hulu.

Pantauan di lapangan, longsornya badan jalan itu membuat lubang menganga dengan kedalaman mencapai dua meter. Di tempat jalan yang longsor itu hanya dipasang garis polisi dan papan peringatan yang terbuat dari seng. Sehingga jika tidak hati-hati dan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, bisa terjadi kecelakaan fatal.
Tidak hanya di Km 54, tapi kondisi jalan yang hampir membelah badan jalan itu juga terdapat di persipangan Km 11, tepatnya di sisi kiri dari arah Perawang menuju Dayun. Bagian bahu jalan sudah mengalami longsor, dan sudah membuat jalan aspal tersebut miring dan tinggal menunggu longsor. Karena di perempatan jalan tersebut ketinggian jalan dengan lahan milik masyarakat mencapai enam meter.
Terhadap kondisi tersebut, Direktur KPP Otda Kabupaten Siak Mustafa mengharapkan perhatian pemerintah untuk segera memperbaikinya. Karena kondisi jalan tersebut selain lurus, dapat memicu pengemudi untuk memacu kendaraannya lebih kencang. Sedangkan di sepanjang jalan itu mulai dari feri Perawang sampai menuju arah Pelabuhan Buton kerusakannya cukup parah.
Mustafa mengharapkan, jika pemerintah tidak memiliki anggaran untuk perbaikan jalan itu, hendaknya perusahaan yang melintas di jalan itu bertanggung jawab. Sedangkan Hendriadi, anggota DPRD Siak yang juga merupakan warga Kecamatan Dayun, mengaku sangat prihatin dengan kondisi jalan itu. Apalagi kondisi jalan di Km 54 yang hampir terputus dan seharusnya jalan itu menjadi perhatian pemerintah. Tentu minimal dilakukan antisipasi perbaikan sementara sampai ada anggaran untuk memperbaiki secara permanen.
Terhadap persoalan itu, Kepala Bidang Prasarana Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Siak Ir H Wan Ibrahim mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan ke PU provinsi untuk di perbaiki. Bahkan saat ini sudah ada material bangunan untuk memperbaiki jalan yang nyaris terputus.
‘’Kita melihat sudah ada material bangunan dan jalan itu berkemungkinan besar akan dibangun box culvert. Karena jalan itu merupakan tempat saluran air menuju ke bagian jalan yang ada di seberangnya,’’ ujar Wan. Ia mengharapkan, perusahaan turut berpartisipasi memperbaiki jalan rusak itu. Karena dengan cuaca saat ini, hampir seluruh ruas jalan mengalami kerusakan.
Segera Diaspal
Dalam pada itu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Provinsi Riau tahun anggaran 2011, segera melakukan pengaspalan sejumlah ruas jalan di Kabupaten Siak. Adanya kekhawatiran sejumlah warga yang menganggap tak adanya kepedulian Pemprov Riau memperbaiki jalan-jalan yang rusak di Kabupaten Siak, ditepis Dinas PU Bina Marga Provinsi Riau.
Menurut Kepala Dinas PU Provinsi Riau melalui Kepala Seksi Perencanaan Bina Marga A Sa’at dan Kepala Seksi Jalan, Umar kepada Riau Pos, Rabu (2/2), 2011 ini PU Riau sudah merencanakan melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan rusak di Kabupaten Siak.(rnl)

Riaupos.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar